Sabtu, 25 April 2009

IBNU ISMAIL AL-JAZARY
(Bapak Teknologi Dunia)

Al-Jazary adalah seorang tokoh besar di bidang mekanik dan industri. Lahir di Al-Jazira yang terletak di antara sisi utara Irak dan timur laut Syiria, tepatnya antara sungai Tigris dan Efrat.
Ibnu Ismail Ibnu Al-Razzaz Al-Jaziry mendapat julukan sebagai bapak modern Engineering berkat temuan-temuannya yang banyak mempengaruhi rancangan mesin-mesin modern saat ini, diantaranya sistem combustion engine, crankshaft, suction pimp, programable automaton dan banyak lagi.
Donald Routledge Hill dalam bukunya Studies in Medieval Islamic Technology mengatakan bahwa hingga zaman modern ini, tidak satupun tulisan dari suatu kebudayaan yang dapat menandingi lengkapnya instruksi untuk merancang, memproduksi dan menyusun berbagai mesin sebagaimana yang disusun oleh Al-Jaziry. Beliau mendokumentasikan lebih dari 50 karya temuannya, lengkap dengan rincian gambar-gambarnya dalam buku, ”Al-Jami’ Bain Al-Ilmi wal Amal An-Nafi’ fi Sinat’at Al-Hiyal” (The Book of Knowledge of Ingenious Mechanical Devieces).
Pada tahun 1206, Al-Jaziry membuat Jam Gajah yang bekerja dengan tenaga air dan berat benda untuk menggerakkan secara otomatis sistem mekanis yang dalam interval tertentu akan memberikan suara simbal dan burung berkicau. Prinsip humanoid automaton inilah yang mengilhami pengembangan robot pada masa sekarang. Kini replika Jam Gajah tersebut disusun kembali oleh London Science Museum sebagai bentuk penghargaan atas karya besarnya. (*dari berbagai sumber)

Tidak ada komentar: