Selasa, 20 Oktober 2009

PILKADA GRESIK


Sesuai UU No 15 tahun 2005, pengantin pilkada harus mendapatkan dukungan suara sah 15 persen atau perolehan kursi 15 persen dari jumlah keseluruhan kursi yang ada di parlemen suatu daerah.

Pasal itu menyebut, "Bagi DPC Partai yang perolehan suara sahnya dalam pemilihan umum anggota DPRD di daerah yang bersangkutan kurang dari 15 persen dari akumulasi perolehan suara sah atau memperoleh kursi kurang dari 15 persen dari jumlah kursi DPRD sehingga tidak dapat mengajukan calon, maka DPC Partai yang bersangkutan dapat bergabung dengan partai politik lain yang memiliki kesamaan idiologi, visi dan misi, serta garis perjuangan partai."

Ada hal yang menarik dari hal diatas terkait beberapa pertanyaan dari kader Partai Keadilan Sejahtera (PKS), disisi lain PKS adalah partai besar dan pendukung pemerintah "secara nasional" tapi di lokal Gresik PKS tidak mempunyai wakil di parlemen. Meski mumpunyai masa yang cukup besar yakni sekitar 16000 lebih, diatas partai buruh dan PKPI tetapi partai buruh dan PKPI masing - masing mendudukan wakilnya di DPRD.
Akan tetapi PKS tetap menjadi perhatian dari semua pengantin yang akan maju di Pilkada Gresik, mereka tidak bisa meremehkan militansi kader PKS. Mereka belajar dari Pilakada 2005 yang mana PKS menjadi King Maker pada kemenangan Kh. Robach Ma'sum, jika pada 2005 PKS memberikan dukungannya ke Sambari maka Sambari lah yang menjadi pemenang.
Beberapa hari yang lalu DiJawapos mengabarkan bahwa salah satu calon yang akan maju sebagai Bupati Gresik didukung oleh beberapa partai yang diantaranya adalah PKS , beliau merasa yakin akan didukung PKS. Disisi yang lain PKS sama sekali belum mengetahui siapa saja yang bakal akan maju apalagi soal dukung mendukung, soal dukungan PKS tidak gegabah.
Saat ini beberapa calon sudah intensif menghubungi PKS melalui TIM 7 yang sudah dibentuk oleh DPD PKS Gresik. Tim ini bekerja intensif untuk mengkaji beberapa calon yang sudah pendekatan ke PKS dan yang akan merumuskan beberapa syarat dan ketentuan bagaimana calon yang tepat untuk di dukung.
Musyarokah yang akan dilakukan adalah utnuk perbaikan Gresik ke depan...

Bersambung...



Tidak ada komentar: